Laporan Kegiatan Pengabdian Masyarakat Berbasis Pengajaran Pendidikan Agama Islam di Kampung Babakan Kec. Cijeruk Kota Bogor
Laporan Kegiatan Pengabdian Masyarakat
Berbasis Pengajaran Pendidikan Agama Islam di Kampung Babakan Kec. Cijeruk Kota
Bogor
Disusun oleh
Nama : M.Haikal Lauselang
NIM : 43A57006514169
Prodi :Tekhnik Informatika
STMIK MIKAR-Bekasi
Sekretariat : Jl.Joyo Martono Gg.
Kampus Mikar Kav 8-9, Margahayu, Bekasi Timur, Kota Bekasi
KATA PENGANTAR
Puji dan syukur kami panjatkan ke
hadirat Allah SWT atas rahmat dan hidayahNya penulis dapat menyelesaikan tugas
mata kuliah Pendidikan Agama Islam yaitu membuat laporan yang terselesaikan tepat waktu.
Mohon maaf apabila dalam
pembuatan laporan ini masih
terdapat banyak kesalahan.
Dan kami harapkan kritik dan saran yang membangun agar penulis bisa memperbaiki
semua kekurangan dalam makalah ini baik yang disengaja ataupun yang tidak
disengaja sehingga laporan ini menjadi lebih baik.
Akhir kata semoga kita semua
dalam melaksanakan tugas ini selalu mendapat ridho dan bimbingan Allah SWT.
Amin
Penyusun,
BAB 1
PENDAHULUAN
A.
Latar belakang
Pengabdian kepada
masyarakat merupakan salah satu dharma atau tugas pokok dari suatu
perguruan tinggi, termasuk STMIK MIKAR Bekasi, disamping dharma pendidikan dan
pengajaran serta dharma penelitian. Pelaksanaan dharma pengabdian kepada
masyarakat yang dalam realisasinya juga melibatkan dua dharma lainnya. :Pengabdian masyarakat merupakan
kegiatan yang memanfaatkan ilmu pengetahuan dalam upaya memberikan
sumbangan demi kemajuan masyarakat.
Pengertian mengenai
pengabdian masyarakat secara filosofis sesungguhnya dapat berkembang dan
dikembangkan sesuai dengan persepsi dan tergantung pada dimensi
ruang dan waktu.
B. Rumusan
Masalah
a. Apa
yang dimaksud dengan pengabdian masyarakat ?
b. Apa saja bentuk aplikasi pengajaran yang dilakukan ?
c. Apa
saja metode yang cocok digunakan dalam penyampaian materi pengajaran berbasis
pengajaran pendidikan agama islam?
d. Siapa saja sasaran dalam kegiatan pengabdian masyarkat?
C. Tujuan
Tujuan dari laporan hasil
pengabdian masyarkat ini ialah agar melatih mahasiswa secara langsung
berinteraksi kaepada masyarakat sebagai salah satu perwujudan Tridharma
perguruan tinggi pendidikan,penelitian dan pengabdian pada masyarkat. Selain
itu laporan ini sebagai pemenuhan tugas mata kuliah pendidikan agama islam.
BAB II
PEMBAHASAN
A.
Pengertian
pengabdian masyarakat.
Pengabdian kepada masyarakat
adalah serangkaian kegiatan atau program yang memberikan pengaruh positif
kepada peningkatan kualitas hidup masyarakat.Pihak-pihak yang terlibat dalam
gerakan pengabdian kepada masyarakat memiliki horison keragaman yang luas. Pada
kesempatan kali ini hanya akan dibatasi kepada gerakan pengabdian kepada
masyarakat yang dilakukan oleh mahasiswa. Pihak-pihak yang terlibat tentu
mahasiswa dan masyarakat.
Mahasiswa hari ini ketika
diwacanakan mengenai pengabdian kepada masyarakat, langsung mengasosiasikan
kegiatan yang dilakukan berupa implementasi teknologi dan transfer keilmuan
atau profesi yang dipelajari di bangku kuliah kepada masyarakat. Ini
benar, namun tidak selalu benar. Pengabdian kepada masyarakat itu kapanpun dan
di manapun. Pengabdian kepada masyarakat harus dimulai di radius terdekat
tempat kita melakukan aktivitas sehari-hari. Paling sederhana adalah tetangga
di lingkungan tempat tinggal.
Dimulai dari lingkungan tempat tinggal kita,
kemudian melebar ke satu desa atau kelurahan, ke desa atau kelurahan tetangga,
ke satu kecamatan, ke kecamatan sebelah, ke satu kota atau kapubaten, ke kota
atau kabupaten tetangga, kemudian nanti akan makin luas lagi. Pengabdian kepada
masyarakat yang dilakukan bertujuan untuk mengembangkan dan mensukseskan
pembangunan, serta meningkatkan kemampuan masyarakat dalam memecahkan
masalahnya sendiri. Karena itu pengabdian kepada masyarakat harus selalu
diarahkan pada aktifitas yang dampak dan manfaatnya dapat secara langsung
di rasakan oleh masyarakat itu sendiri. Pengertian mengenai
pengabdian masyarakat secara filosofis sesungguhnya dapat berkembang dan
dikembangkan sesuai dengan persepsi dan tergantung pada dimensi
ruang dan waktu.
Namun secara sederhana pengabdian
masyarakat bagi Perguruan Tinggi dapat diartikan sebagai pengamalan
ilmu pengetahuan yang dilalukan secara melembaga melalui metode ilmiah
langsung kepada masyarakat dalam upaya mensukseskan pembangunan dan
mengembangkan manusia.
B.
Bentuk
Aplikasi yang dilakukan dalam pengabdian masyarkat di desa malandang
Agenda kegiatan
|
|||
Waktu
|
Kegiatan
|
Pencapaian
|
Sasaran
|
Minggu 1
|
Baca
al-quran dan iqro
|
Peserta
didik mampu membaca dan membedakan huruf dalam alqur’an dan iqro
|
Seluruh
peserta didik
|
Tajwid
|
Peserta
didik mampu memahahi hukum-hukum bacaan dalam alqur’an yaitu tajwid dalam
alqur’an
|
Peserta
didik qur’an
|
|
Hafalan
|
Peserta
didik mampu menghafal beberapa
|
Seluruh
peserta didik
|
|
Praktek
sholat
|
Peserta
didik agar dapat mengaplikasikan sholat dalam kehidupan sehari-hari
|
Seluruh
peserta didik
|
|
Pengenalan
bahasa arab dasar
|
Peserta
didik mampu mengetahui dasar-dasar dalam bahasa arab
|
Seluruh
peserta didik
|
|
Sholawat-sholawat
nabi
|
Peserta
didik memngetahui sholawat-sholawat nabi
|
Seluruh
peserta didik
|
|
Menulis
arab
|
Peserta
didik dilatih agar dapat menulis arab
|
Seluruh
peserta didik
|
|
Sifat wajib
dan jaiz Allah
|
Peserta
didik dilaih agar menegetahui sifat wajib dan jaiz dari Allah
|
Seluruh
peserta didik
|
|
Praktek
wudhu dan bacaan sholat
|
Peserta
didik agar mampu praktek langsung wudhu dan dapat menhafal bacaan-bacaan
dalam sholat.
|
Seluruh
peserta didik
|
C.
Metode
pengajaran yang digunakan
Metode
yang di ajararkan dalam pengabdian ini ialah metode pengajaran berbasis
pengajaran dalam pendiddikan agama islam diantaranya yaitu :
1. Metode mutual education
Adalah metode
mendidik secara kelompok seperti yang dicontohkan oleh nabi Muhammad SAW ,misal
praktek sholat berjema’ah.
2. Metode pendidikan dengan cara instruksional
Adalah metode
mengajarkan tentang ciri-ciri orang yang beriman dalam bersikap dan
bertingkah laku agar mereka dapat mengetahui bagaimana seharusnya mereka
bersikap dan berbuat dalm kehidupan sehari-hari.
3. Metode bercerita
Yaitu
mengisahkan peristwa sejarah hidup masa lampau yang menyangkut ketaatan dan kemungkaran dalam hidup
terhadap perintah Tuhan dyang dibawakan Nabi Muhammad yang hadir
ditengah-tengah mereka. Misalnya yaitu bercerita tentang kisah-kisah nabi.
4. Metode pemberian contoh dan teladan
Yaitu meberikan
contoh dan teladan dari nabi Muhammad dan nabi-nabi lainya.
5. Metode berdiskusi
Yaitu metode
berdiskusi agar para peserta didik mampu berinteraksi dengan sesama peserta
didik menengenai materi materi yang diajarkan.
6. Metode tanya jawab
7. Metode perumpamaan
Metode ini
digunakan untuk menyampaikan materi tentang kekuasaan Tuhan dalam menciptakan
hal-hal yang hak dan yang bathil. Contoh dari perumpamaan : “orang-orang yang
berlindung kepada Allah SWT adalah seperti laba-laba yang membuat rumah”.
Padahal rumah yang paling lemah adalah rumah laba-laba.
8. Metode bimbingan dan penyuluhan
Yaitu pelatihan dan bimbingan kepada peserta
didik contoh yaitu dalam menulis tulisan arab.
D. Sasaran pengabdian masyarkat
Sasaran
dalam pengabdian masyarakat yang di lakukan ialah terhadap salah satu Panti
Asuhan (Hamdana Sjamsoddin) yang berda di wilayah Bogor yaitu kampung Babakan
kelurahan Palasari kec, Cijeruk Kota
Bogor, serta sasaran meliputi peserta didik dalam Panti Asuhan tersebut yaitu
anak-anak SD serta SMP yang menjadi murid Panti Asuhan tersebut. peserta didik
melipu anak-anak SD mulai dari kelas 1 SD hingga SMP kelas IX.
BAB III
HASIL KEGIATAN
F. Gambaran Umum
Kegiatan ini
deimulai dengan dilaksanakannya pengarahan dari Pembina Panti Asuhan Hamdana
Sjamsoeddin (HS), yang memperkenalkan kondisi serta materi yang akan di ajarkan
kepada peserta kegiatan pengabdian kepada masyarakat, sehingga mereka dapat
beradaptasi denan lingkungan pembelajaran dan dapat mengembangkan bakat serta
ilmu yang di dapat.
Terlepas dari
itu patut saya syukuri karma kegiatan ini dapat berjalan dengan semestinya
meskipun ada beberapa masalah yan tidak terduga, dalam terlaksananya kegiatan
ini tidak terlepas dari peran serta seruruh pihak, terutama Pembina Panti Asuhan
(HS) yang telah mengarahkan serta membimbing agar kegiatan ini dapat berjalan
dengan baik. Oleh karena itu, terima kasih yang sebesar-besarnya kepada pihak
yang telah mendukung terlaksananya kegiatan pengabdian kepada masyarakat
BAB IV
KESIMPULAN
G. Kesimpulan
Berdasarkan beberapa hal yang telah
di sampaikan di atas, saya menyatakan bahwa kegiatan pengabdian kepada masyarakat
dapat terlaksaa dengan baik, meskipun ada beberapa hal yang menyebabkan pelaksanaannya
berjalan kurang lancer. Saya menyadari bahwa ada beberapa hal yang masih perlu di
perbaiki lagi. Olehkarena itu, kritik dan saran yang membangun senantiasa saya harapkan
sebagai bahan renungan dan perbaikan untuk kegiatan-kegiatan selanjutnya.
BAB V
PENUTUP
Demikianlah laporan
ini di buat untuk dipertanggungjawabkan dan sebagai bahan acuan untuk kegiatan-kegiata
selanjutnya. Di ahir laporan ini,sekali lagi saya ingin mengucapkan terima kasihkepada
semua pihak yang telah memberi bantuan dan sumbangsihnya sehingga kegiatan ini dapat
berjalan dengan baik.