Jumat, 06 Januari 2017

Laporan Kegiatan Pengabdian Masyarakat Berbasis Pengajaran Pendidikan Agama Islam di Kampung Babakan Kec. Cijeruk Kota Bogor

 


Laporan Kegiatan Pengabdian Masyarakat Berbasis Pengajaran Pendidikan Agama Islam di Kampung Babakan Kec. Cijeruk Kota Bogor













Disusun oleh
Nama : M.Haikal Lauselang
NIM : 43A57006514169
Prodi :Tekhnik Informatika
STMIK MIKAR-Bekasi

Sekretariat : Jl.Joyo Martono Gg. Kampus Mikar Kav 8-9, Margahayu, Bekasi Timur, Kota Bekasi








KATA PENGANTAR


Puji dan syukur kami panjatkan ke hadirat Allah SWT atas rahmat dan hidayahNya penulis dapat menyelesaikan tugas mata kuliah Pendidikan Agama Islam yaitu membuat laporan yang  terselesaikan tepat waktu.

Mohon maaf apabila dalam pembuatan laporan  ini masih terdapat  banyak kesalahan. Dan kami harapkan kritik dan saran yang membangun agar penulis bisa memperbaiki semua kekurangan dalam makalah ini baik yang disengaja ataupun yang tidak disengaja sehingga laporan ini menjadi lebih baik.

Akhir kata semoga kita semua dalam melaksanakan tugas ini selalu mendapat ridho dan bimbingan Allah SWT. Amin







Bogor, Desember 2016


Penyusun,

















BAB 1
PENDAHULUAN


A.     Latar belakang


Pengabdian kepada masyarakat merupakan  salah satu dharma atau tugas pokok dari suatu perguruan tinggi, termasuk STMIK MIKAR Bekasi, disamping dharma pendidikan dan pengajaran serta dharma penelitian.  Pelaksanaan dharma pengabdian kepada masyarakat yang dalam realisasinya juga melibatkan dua dharma lainnya. :Pengabdian masyarakat  merupakan kegiatan yang memanfaatkan  ilmu pengetahuan dalam upaya memberikan sumbangan demi kemajuan masyarakat.

Pengertian mengenai pengabdian masyarakat secara filosofis sesungguhnya dapat berkembang dan dikembangkan sesuai dengan  persepsi dan tergantung pada dimensi  ruang dan waktu.

B.     Rumusan Masalah

a.       Apa yang dimaksud dengan pengabdian masyarakat ?
b.      Apa saja bentuk aplikasi pengajaran yang dilakukan ?
c.       Apa saja metode yang cocok digunakan dalam penyampaian materi pengajaran berbasis pengajaran pendidikan agama islam?
d.      Siapa saja sasaran dalam kegiatan pengabdian masyarkat?


C.     Tujuan

Tujuan dari laporan hasil pengabdian masyarkat ini ialah agar melatih mahasiswa secara langsung berinteraksi kaepada masyarakat sebagai salah satu perwujudan Tridharma perguruan tinggi pendidikan,penelitian dan pengabdian pada masyarkat. Selain itu laporan ini sebagai pemenuhan tugas mata kuliah pendidikan agama islam.










BAB II
PEMBAHASAN



A.     Pengertian pengabdian masyarakat.

Pengabdian kepada masyarakat adalah serangkaian kegiatan atau program yang memberikan pengaruh positif kepada peningkatan kualitas hidup masyarakat.Pihak-pihak yang terlibat dalam gerakan pengabdian kepada masyarakat memiliki horison keragaman yang luas. Pada kesempatan kali ini hanya akan dibatasi kepada gerakan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh mahasiswa. Pihak-pihak yang terlibat tentu mahasiswa dan masyarakat.

Mahasiswa hari ini ketika diwacanakan mengenai pengabdian kepada masyarakat, langsung mengasosiasikan kegiatan yang dilakukan berupa implementasi teknologi dan transfer keilmuan atau profesi  yang dipelajari di bangku kuliah kepada masyarakat. Ini benar, namun tidak selalu benar. Pengabdian kepada masyarakat itu kapanpun dan di manapun. Pengabdian kepada masyarakat harus dimulai di radius terdekat tempat kita melakukan aktivitas sehari-hari. Paling sederhana adalah tetangga di lingkungan tempat tinggal.

 Dimulai dari lingkungan tempat tinggal kita, kemudian melebar ke satu desa atau kelurahan, ke desa atau kelurahan tetangga, ke satu kecamatan, ke kecamatan sebelah, ke satu kota atau kapubaten, ke kota atau kabupaten tetangga, kemudian nanti akan makin luas lagi. Pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan bertujuan untuk  mengembangkan dan mensukseskan pembangunan, serta meningkatkan  kemampuan masyarakat dalam memecahkan masalahnya sendiri.  Karena itu pengabdian kepada masyarakat harus selalu diarahkan  pada aktifitas yang dampak dan manfaatnya dapat secara langsung di rasakan oleh  masyarakat itu sendiri.   Pengertian mengenai pengabdian masyarakat secara filosofis sesungguhnya dapat berkembang dan dikembangkan sesuai dengan  persepsi dan tergantung pada dimensi  ruang dan waktu. 

 Namun secara  sederhana pengabdian masyarakat  bagi Perguruan Tinggi dapat diartikan sebagai  pengamalan ilmu pengetahuan yang dilalukan secara melembaga melalui  metode ilmiah langsung kepada masyarakat dalam upaya mensukseskan pembangunan dan mengembangkan manusia.






B.      Bentuk Aplikasi yang dilakukan dalam pengabdian masyarkat di desa malandang




Agenda kegiatan

Waktu
Kegiatan
Pencapaian
Sasaran
Minggu 1

Baca al-quran dan iqro
Peserta didik mampu membaca dan membedakan huruf dalam alqur’an dan iqro
Seluruh peserta didik

Tajwid
Peserta didik mampu memahahi hukum-hukum bacaan dalam alqur’an yaitu tajwid dalam alqur’an
Peserta didik qur’an

Hafalan surat pendek
Peserta didik mampu menghafal beberapa surat pendek dan memahami artinya
Seluruh peserta didik

Praktek sholat
Peserta didik agar dapat mengaplikasikan sholat dalam kehidupan sehari-hari
Seluruh peserta didik

Pengenalan bahasa arab dasar
Peserta didik mampu mengetahui dasar-dasar dalam bahasa arab
Seluruh peserta didik

Sholawat-sholawat nabi
Peserta didik memngetahui sholawat-sholawat nabi
Seluruh peserta didik

Menulis arab
Peserta didik dilatih agar dapat menulis arab
Seluruh peserta didik

Sifat wajib dan jaiz Allah
Peserta didik dilaih agar menegetahui sifat wajib dan jaiz dari Allah
Seluruh peserta didik

Praktek wudhu dan bacaan sholat
Peserta didik agar mampu praktek langsung wudhu dan dapat menhafal bacaan-bacaan dalam sholat.
Seluruh peserta didik










C.      Metode pengajaran yang digunakan

Metode yang di ajararkan dalam pengabdian ini ialah metode pengajaran berbasis pengajaran dalam pendiddikan agama islam diantaranya yaitu :

1.      Metode mutual education
Adalah metode mendidik secara kelompok seperti yang dicontohkan oleh nabi Muhammad SAW ,misal praktek sholat berjema’ah.
2.      Metode pendidikan dengan cara instruksional
Adalah metode mengajarkan tentang ciri-ciri orang yang beriman dalam bersikap dan bertingkah laku agar mereka dapat mengetahui bagaimana seharusnya mereka bersikap dan berbuat dalm kehidupan sehari-hari.
3.      Metode bercerita
 Yaitu mengisahkan peristwa sejarah hidup masa lampau yang menyangkut  ketaatan dan kemungkaran dalam hidup terhadap perintah Tuhan dyang dibawakan Nabi Muhammad yang hadir ditengah-tengah mereka. Misalnya yaitu bercerita tentang kisah-kisah nabi.
4.      Metode pemberian contoh dan teladan
Yaitu meberikan contoh dan teladan dari nabi Muhammad dan nabi-nabi lainya.
5.      Metode berdiskusi
Yaitu metode berdiskusi agar para peserta didik mampu berinteraksi dengan sesama peserta didik menengenai materi materi yang diajarkan.
6.      Metode tanya jawab
7.      Metode perumpamaan
Metode ini digunakan untuk menyampaikan materi tentang kekuasaan Tuhan dalam menciptakan hal-hal yang hak dan yang bathil. Contoh dari perumpamaan : “orang-orang yang berlindung kepada Allah SWT adalah seperti laba-laba yang membuat rumah”. Padahal rumah yang paling lemah adalah rumah laba-laba.
8.      Metode bimbingan dan penyuluhan
Yaitu  pelatihan dan bimbingan kepada peserta didik contoh yaitu dalam menulis tulisan arab.


D.      Sasaran pengabdian masyarkat
Sasaran dalam pengabdian masyarakat yang di lakukan ialah terhadap salah satu Panti Asuhan (Hamdana Sjamsoddin) yang berda di wilayah Bogor yaitu kampung Babakan kelurahan Palasari kec, Cijeruk  Kota Bogor, serta sasaran meliputi peserta didik dalam Panti Asuhan tersebut yaitu anak-anak SD serta SMP yang menjadi murid Panti Asuhan tersebut. peserta didik melipu anak-anak SD mulai dari kelas 1 SD hingga SMP kelas IX.






BAB III
HASIL KEGIATAN
F. Gambaran Umum

Kegiatan ini deimulai dengan dilaksanakannya pengarahan dari Pembina Panti Asuhan Hamdana Sjamsoeddin (HS), yang memperkenalkan kondisi serta materi yang akan di ajarkan kepada peserta kegiatan pengabdian kepada masyarakat, sehingga mereka dapat beradaptasi denan lingkungan pembelajaran dan dapat mengembangkan bakat serta ilmu yang di dapat.

Terlepas dari itu patut saya syukuri karma kegiatan ini dapat berjalan dengan semestinya meskipun ada beberapa masalah yan tidak terduga, dalam terlaksananya kegiatan ini tidak terlepas dari peran serta seruruh pihak, terutama Pembina Panti Asuhan (HS) yang telah mengarahkan serta membimbing agar kegiatan ini dapat berjalan dengan baik. Oleh karena itu, terima kasih yang sebesar-besarnya kepada pihak yang telah mendukung terlaksananya kegiatan pengabdian kepada masyarakat


                                                              BAB IV
KESIMPULAN
G. Kesimpulan
           
Berdasarkan beberapa hal yang telah di sampaikan di atas, saya menyatakan bahwa kegiatan pengabdian kepada masyarakat dapat terlaksaa dengan baik, meskipun ada beberapa hal yang menyebabkan pelaksanaannya berjalan kurang lancer. Saya menyadari bahwa ada beberapa hal yang masih perlu di perbaiki lagi. Olehkarena itu, kritik dan saran yang membangun senantiasa saya harapkan sebagai bahan renungan dan perbaikan untuk kegiatan-kegiatan selanjutnya.



 BAB V
PENUTUP


Demikianlah laporan ini di buat untuk dipertanggungjawabkan dan sebagai bahan acuan untuk kegiatan-kegiata selanjutnya. Di ahir laporan ini,sekali lagi saya ingin mengucapkan terima kasihkepada semua pihak yang telah memberi bantuan dan sumbangsihnya sehingga kegiatan ini dapat berjalan dengan baik.






































Total Tayangan Halaman

visitor